Temukan kami :    
Pilih Bahasa :   
ARTIKEL RUMAH BAHASA

Kelas Kebudayaan Rusia: Membuat Kartu Ucapan Bahasa Rusia



Foto Bersama Tutor, Peserta, dan Kartu Ucapan Hasil Kreativitas di Kelas Kebudayaan Rusia

Rabu (24/04/2024), Rumah Bahasa Surabaya kembali mengadakan kelas kebudayaan Rusia yaitu membuat kartu ucapan dalam Bahasa Rusia. Dengan peserta berjumlah sebelas orang mulai dari remaja hingga dewasa, acara ini berlangsung dalam rentang waktu pukul sepuluh hingga setengah dua belas siang. 

Kelas kebudayaan Rusia ini dipandu oleh Rizqina, tutor sukarelawan Rumah Bahasa bersama dengan rekannya, Maria yang berasal dari Rusia. Kelas dimulai dengan pemaparan terkait gambaran masyarakat Rusia yang senang memberikan kartu ucapan dan hadiah kecil saat adanya perayaan-perayaan di Rusia. Mulai dari perayaan kemenangan Rusia atas Perang Dunia ke-2, hari ulang tahun, hari natal, dan tahun baru. 

Rizqina, selaku tutor menjelaskan “Orang Rusia senang sekali mengirimkan kartu ucapan. Seperti dulu saya pernah dikirimi kartu ucapan oleh guru bahasa Rusia saya langsung dari Tomsk dengan latar kota Tomsk. Hal tersebut akhirnya menginspirasi saya untuk mengadakan kelas membuat kartu ucapan dalam bahasa Rusia. Karena kebiasaan mereka di Rusia selalu memberi hadiah untuk memperingati perayaan nasional sehingga membuat penerimanya berkesan.” 

Setelah pemaparan singkat terkait kebiasaan dan kebudayaan masyarakat Rusia dalam mengirimkan kartu ucapan, dilanjutkan dengan materi penulisan ucapan-ucapan selamat dalam bahasa Rusia. Para peserta menyimak materi dengan baik karena beberapa di antaranya masih pemula dan baru saja belajar bahasa Rusia.

Tidak hanya belajar terkait ucapan-ucapan selamat dalam bahasa Rusia, para peserta juga diberikan kesempatan untuk menggambar dan melukis ikon di Rusia sebagai latar pada kertas ucapan mereka. Rizqina dan Maria membagikan kuas, cat, gelas berisi air, palet, berbagai gambar-gambar ikon Kota Tomsk, dan kertas buffalo sebagai media peserta berkarya. 

“Kelas hari ini seru banget, namun sedikit plot twist. Karena selain belajar ucapan-ucapan dalam bahasa Rusia, kita juga tiba-tiba diberikan kesempatan untuk melukis ikon Rusia seperti Universitas Tomsk sebagai latar di surat yang kita buat” ujar Satriyo salah satu peserta kelas kebudayaan Rusia. 

Pada pertengahan kegiatan kelas, suasana berlangsung hening karena peserta begitu fokus dan berkonsentrasi membuat kreasinya dalam melukis ikon Rusia pada kartu ucapan mereka. Di penghujung acara, tutor dan para peserta melakukan sesi foto bersama dengan karya kartu ucapan mereka. Kemudian ditutup dengan pembagian souvenir dari Rizqina dan Maria berupa kartu ucapan dengan berbagai gambar ikon landmark di Rusia.

“Kelas ini sangat menarik karena kita tidak hanya belajar bahasa, tetapi juga belajar budaya dari negara lain yang menjadi tambahan pengetahuan untuk saya sendiri” ujar Sofi salah satu peserta kelas kebudayaan Rusia.

Pelaksanaan kelas kebudayaan kali ini banyak menuai kesan dan pesan positif dari para peserta. Beberapa diantaranya ternyata juga telah sering mengikuti kelas-kelas kebudayaan sebelumnya. Rizqina pun turut menyampaikan pesan dan harapan, “Semuanya hebat, tidak ada karya seni yang jelek. Semua karya seni itu indah. Semoga mereka lebih banyak berkarya dan lebih senang mengikuti kelas kebudayaan Rusia.”

 





Baca Juga :

Siap Hadapi MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN) & AFTA (ASEAN Free Trade Area)

Berdasarkan tantangan MEA tersebut serta melihat kondisi masyarakat yang ada, maka Ibu walikota Surabaya, Ibu Tri Rismaharini membuka adanya program Rumah Bahasa sebagai salah satu wujud perhatian pemerintah kota Surabaya dalam menyiapkan warga kota Surabaya untuk menghadapi MEA 2015 serta AFTA yang diharapkan dapat menjadi ruang publik yang bertujuan meningkatkan kompetisi masyarakat kota Surabaya di berbagai bahasa